Senin, 06 Agustus 2012

PARALEL PORT


PARALEL PORT
a.       Dasar teori
Komunikasi pararel port adalah komunikasi yang mengirimkan data. Secara bersamaan pada penggunaan komunikasi paralel semua bit dikirim pada waktu yang bersamaan pada waktu yang sama. Oleh karena itu pada komunikasi ini kita membutuhkan banyak kabel. Hal ini memang menjadi hal kelemahan komunikasi pararel karena banyak kabel yang dibuthkan, dan panjang kabel ini tidak boleh lebih dari 20 m untuk menjaga keaslian data. Namun kelebihan komunikasi paralel adalah lebih cepat dan komunikasi data yang di bawah lebih banyak, serta pemograman yang lebih muda.
Komunikasi pararel yang digunakan adalah komunikasi paralel lewat kabel data untuk printer (saat mengeluarkan data). Pada keadaan normal (tidak aktif) tegangan pada pin-pin ini adalah 0 volt, namu bila diberi high, maka tegangannya akan berubah menjadi 5 volt.

b.      Data Paralel Port
Pada pararel port terdapat 17 jalur data (=17 bit). Karena computer memiliki 8 bit per alamat, maka dibutuhkan 3 alamat fisik untuk setiap alamat peralel port: data (8 bit), status (5 bit ) dan control (4 bit). Alamat fisik yang digunakan untuk kerperluan ini disebut juga dengan register, sehingga dikenal register data, register status dan register control. Alamat register tersebut berurutan, jika alamat awal pararel port adalah 0378H, maka alamat 0378H ini untuk register data, 0379H untuk status, dan 037AH untuk control.


Tabel fungsi pin-pin dari DB 25
Port paralel dapat mentransmisi 8 bit data dalam sekali detak. Tata-letak dari kedua puluh lima pin (DB 25) pararel printer port diperlihatkan dalam gambar di bawah ini.

Gambar Tata-Letak DB 25
 
Gambar BD 25 (Paralel Port)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar